Sunday, October 30, 2011

Perusahaan Yang Mendukung Perekonomian Nasional

Pada tugas matakuliah softskill kali ini, mahasiswa diminta untuk menjelaskan website perusahaan yang mendukung perekonomian nasional, untuk itu saya mecoba membahas website PT. PLN (Persero) dengan alamat website http://www.pln.co.id/

ScreenShot website http://www.pln.co.id/
Perusahaan Listrik Negara (disingkat PLN) adalah sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Perusahaan yang memiliki motto “Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik” ini menjadi sebuah Badan Usaha Milik Negara yang berbentuk Perusahaan Perseroan (Persero) berkewajiban untuk menyediakan tenaga listrik bagi kepentingan umum dengan tetap memperhatikan tujuan perusahaan yaitu menghasilkan keuntungan sesuai dengan Undang-Undang No. 19/2000.
Kegiatan usaha perusahaan meliputi :
1. Menjalankan usaha penyediaan tenaga listrik yang meliputi kegiatan pembangkitan, penyaluran, distribusi tenaga listrik, perencanaan dan pembangunan sarana penyediaan tenaga listrik.

2. Menjalankan usaha penunjang dalam penyediaan tenaga listrik yang meliputi kegiatan konsultasi, pembangunan, pemasangan, pemeliharaan peralatan ketenagalistrikan, Pengembangan teknologi peralatan yang menunjang penyediaan tenaga listrik.

3. Menjalankan kegiatan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam dan sumber energi lainnya untuk kepentingan penyediaan tenaga listrik, Melakukan pemberian jasa operasi dan pengaturan (dispatcher) pada pembangkitan, penyaluran, distribusi dan retail tenaga listrik, Menjalankan kegiatan perindustrian perangkat keras dan perangkat lunak bidang ketenagalistrikan dan peralatan lain yang terkait dengan tenaga listrik, Melakukan kerja sama dengan badan lain atau pihak lain atau badan penyelenggara bidang ketenagalistrikan baik dari dalam negeri maupun luar negeri di bidang pembangunan, operasional, telekomunikasi dan informasi yang berkaitan dengan ketenagalistrikan.
Setelah saya membahas latarbelakang perusahaan ini, mari saya akan bahas mengenai website perusahaan ini.
Pada halaman index website PLN terlihat sangat teratur dalam penempatan konten-kontennya lalu dari segi pemilihan warna juga sangat minimalis namun sangat enak dipandang. Pada bagian body website tersebut sangat menarik karena memanpilkan fitur-fitur atau promo yang dilakukan oleh perusahaan ini. Pada bagian Link Navigation terdapat beberapa menu, diantaranya :
- Beranda, merupakan halaman awal sejak kita memasuki website ini.
- Pelanggan, berisikan list bantuan yang diperuntukkan para pelanggan untuk dapat memasang listrik baru, tariff listrik dan lain-lainnya
- Investor, berisikan list bantuan dan informasi untuk para investor mengetahui informasi mengenai PLN.
- Media, berisikan siaran pers, warta PLN dan lain-lainnya yang memudahkan pembaca atau pengunjung website ini untuk mencari berita mengenai PLN.
- Suplier, berisikan tata cara, syarat-syarat menjadi vendor kerja sama dengan PLN.
- Tentang Kami, berisikan informasi mengenai Profile perusahaan ini, mulai dari perusahaan, management, Dewan Direksi, dan lain-lainnya.
- Unit PLN, berisikan wilayah-wilayah operasi yang dicakup oleh perusahaan ini.
Tidak seperti website pada umumnya halaman index pada website ini tidak menampilkan artikel secara langsung pada halaman utama, melainkan hanya menampilkan link dan menu yang dapat dipilih untuk menuju halaman yang diinginkan pengunjung, sehingga pada halaman index terlihat minimalis.
Selain itu website ini juga dapat dilihat dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Fitur yang menarik yang di website ini kita dapat mengetahui total tagihan listrik dengan cara memasukkan nomor ID pelanggan.
Demikianlah riview website dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua :)


0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © Roby Erlangga's Blog. All rights reserved.
Blogger template created by Templates Block | Start My Salary
Designed by Santhosh