Friday, April 2, 2010

TIPS AMAN BERFACEBOOK RIA

1. Tips pertama, sebelum login harap di cek terlebih dahulu alamat web facebooknya, http://www.facebook.com/  bukan. Kok gitu ?? Kenapa ?? hal itu mencegah fake page (halaman tipuan), salah satu cara untuk mendapatkan account kamu dan password kamu, lebih jelas mungkin akan saya jelaskan dilain waktu yaa.. Hehehehe...
Cara simplenya, masukkan saja email asal-asalan saja terlebih dahulu sebelum login dengan email kamu dan password kamu. Dengan otomatis nanti page tersebut akan mereload dan memanggil page asli dari http://www.facebook.com/

2. Tips kedua, jagalah password facebook kamu dengan baik-baik Lebih baik hanya kamu dan Tuhan saja yang tahu password kamu. Karena dengan seperti itu mencegah hal-hal yang tak diinginkan. (bukan menyuruh tidak mempercayai orang lain, namun disini kita bertujuan mencegah. Ingat ‘mencegah lebih baik dari pada mengobati’ ).
Sebagai tambahan diusahakan password kamu itu terdiri dari gabungan antara karakter dan angka. 
Contoh : qwerty32 dan hindari password dengan menggunakan tanggal lahir. Trust me it work. Hhe...

3. Tips ketiga, Jangan terlalu terbuka di facebook. Buatlah privatisasi di account kamu. Seperti foto atau video kamu. Jangan ada penyesalan diakhirnya, seperti penggunaan foto kamu menjadi propic orang lain atau yang lainnya.Dan jangan terlalu terbuka terhadap orang yang baru dikenal di facebook bersikaplah biasa saja.
Jangan sampai kejadian penculikan seperti di televisi menimpah kamu.

4. Tips keempat, Teliti dahulu sebelum membeli. Jika kamu tertarik dengan produk yang ditawarkan 
di facebook, hedaknya kamu selektif terlebih dahulu. Mulai kejelasan si penjual barang, kualitas barang, dan harganya. Jangan mudah tergiur oleh harga yang murah dan foto pada barang yang ditawarkan. Carilah toko online yang terpecaya (biasanya lebih baik dari rekomendasian dari orang terdekat dari kamu).

5. Tips kelima, Berhati-hatilah dalam berbicara di facebook. Sudah banyak permasalahan yang timbul yang ‘hanya’ disebabkan oleh kata-kata di facebook. Mulai dari kesalah pahaman, saling hujat, hingga mencemarkan nama baik satu pihak. Hendaknya kita menggunakan bahasa yang pantas-pantas saja. Karena perkataan kamu tersebut dapat di implementasikan oleh orang lain sebagai sifat asli kamu.

6. Tips terakhir, JANGAN LUPA LOGOUT. Sepele tapi hal ini yang paling sering dilupakan saat 
bersurfing di dunia maya. (Termasuk saya hehehehe... :D)

Demikianlah tips-tips yang dapat saya bagi. Ini bukan maksud menggurui Anda, namun ini hanya ingin 
berbagi pengalaman saja.Seperti orang bijak selalu berkata
 “ Guru yang paling bijak adalah PENGALAMAN.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © Roby Erlangga's Blog. All rights reserved.
Blogger template created by Templates Block | Start My Salary
Designed by Santhosh